obrolan singkat dengan super agen pak muly munial

penulis.

Fadhly Abdurrahman,SH

 

Akhir oktober 2020 saya diberi kesempatan berbicara dengan salah satu agen terbaik di indonesia.
Pak muly Munial. beliau lebih akrab dipanggil pak muly.
kami bertemu di lapangan C senayan bertepatan dengan latihan rutin yang diselenggarakan oleh agency Pak muly.

banyak yang kami bicarakan terkait dunia agency dan banyak pengalaman yang saya pelajari dari beliau terkait dunia agency.
beliau berfokus dibidang sepakbola dan sudah banyak mengageni pemain pemain berlabel timnas maupun Pro team.

 

saya pribadi sangat mengagumi beliau dan hingga saya memutuskan mendalami agency esport dengan mendirikan servanda esport agency, mendapatkan kesempatan berbincang dengan pak muly, merupakan kesempatan langka yang tidak mungkin saya lewatkan.

dengan resminya esport menjadi cabang olahraga prestasi di indonesia didukung dengan berkembangnya setiap lini industrinya mulai dari organisasi (Iespa, Avgi). media (revival, spin esportid,ggwp). dan juga dunia agency itu sendiri.

beberapa pesan beliau yang menjadi catatan saya diantaranya.
1. agency harus stick to the rules dari pusat.
beliau berpesan sebagai agen kita dituntut untuk memahami aturan yang berlaku, beliau memberikan contoh didunia sepakbola, agency berpedoman pada aturan Fifa, Afc dan PSSI.
sebagai agen harus juga mengcomply aturan tersebut menjadi aplicable bagi industrinya. karena agenlah yang dapat memberikan penjelasan baik kepada pemain maupun tim terkait perubahan perubahan aturan.
di esport sendiri, belum ada aturan baku yang mengatur seperti sepakbola namun sudah ada badan yang sedang membuat aturan tersebut (PB ESI) sebagai badan resmi pemerintah untuk esport. 
sebagai agen tentunya perlu berkomunikasi dengan pb esi terkait aturan aturan out the games seperti agency pemain, negosiasi kontrak dsb.

2. menjaga kode etik agen.
agen adalah representatife pemain, menjaga etik haruslah menjadi point utama agen dalam menjalankan tugasnya.
beliau memberi contoh.
ketika agen masuk dan mewakili pemain yang sudah memiliki ikatan dengan tim.
agen dilarang mempengaruhi pemain untuk mengubah kesepakatan yang sudah disetujui sebelumnya.
karena itu akan merusak trust semua pihak yang terlibat. yang baik dilakukan adalah mengarahkan pemain untuk mendapatkan deal yang baik dinegosiasi selanjutnya tanpa memutus kesepakatan yang sudah ada sebelumnya.

3. agen juga harus keep contact dan menganggap pemain sebagai keluarganya yang perlu diajak bertukar pikiran. kunci dari itu semua adalah agen harus dekat dengan keluarga pemain. bagaimana pemain bisa percaya jika agen tidam dekat dengan keluarga pemainnya.

4. menjaga komunikasi dengan agensi lain

berkompetisi tidak harus bermusuhan. tentunya koneksi agen juga penting. beliau menjelaskan bahwa beliau berteman dengan agency lainnya yang berkecimpung di dunia yang sama. menjaga trust menjadi hal yang utama dilakukan antara agen.

5. agen adalah seni
hal terkahir yang beliau sampaikan adalah agen adalah seni.
passion untuk menemani karir pemain, membantu pemain dalam negosiasi dan menyelesaikan masalah formal lainnya. sehingga pemain fokus pada karirnya dan tidak terbebani permasalah permasalah dokumen kontrak yang lebih kurang akan menurunkan konsentrasi pemain dan perkembangan pemain.

servanda agency adalah agency esport pertama yang berafiliasi dengan law firm.

kami membawahi lebih dari 30 pemain esport, caster, streamer esport dari beberapa games populer di indonesia.

beberapa service kami adalah
1. negosiasi kontrak
2. negosiasi komersial
3. bantuan hukum
4. legal assistance
5. mencarikan tim esport

 

At the end of October 2020 I was given the opportunity to speak with one of the best agents in Indonesia.
Pak Muly Munial. he is more familiarly called Pak Muly..

We talked a lot about the agency world and I learned a lot from him about the agency world.
he focuses on the field of football and has acted in many players for the national team and pro team labels.

I personally really admire him and so that I decided to explore an esport agency by establishing a Servanda esport agency, having the opportunity to talk to Mr. Muly, is a rare opportunity that I cannot possibly miss.

With esports officially becoming an achievement sport in Indonesia, it is supported by the development of each industry line starting from the organization (Iespa, Avgi). media (revival, spin esportid, ggwp). and also the world of agency itself.

some of his messages that became my notes include.
1. Agency must stick to the rules from the center.
He advised that as agents we are required to understand the applicable rules, he gave an example in the world of football, the agency is guided by the rules of Fifa, Afc and PSSI.
as an agent must also compile these rules to be applicable to the industry. because it is the agent who can provide an explanation to both the player and the team regarding the change in rule changes.
In esports itself, there are no standard rules that regulate such as football, but there is already a body that is making these rules (PB ESI) as the official government body for esports.
As an agent, of course, you need to communicate with PB Esi regarding the rules of out the games, such as player agency, contract negotiations, etc.

2. Maintain the agent’s code of conduct.
agents are representatives of players, maintaining ethics should be the main point of agents in carrying out their duties.
he gave an example.
when agents enter and represent players who already have ties to the team.
agents are prohibited from influencing the player to change the previously agreed agreement.
because it will destroy the trust of all parties involved. what is good to do is direct the player to get a good deal that is negotiated further without breaking the existing deal.

3. The agent must also keep contact and consider the player as his family who needs to be invited to exchange ideas. The key to this is that the agent must be close to the player’s family. how can a player believe if the agent is not close to the player’s family.

4. Maintain communication with other agencies

competing doesn’t have to be hostile. of course agent connection is also important. he explained that he was friends with other agencies working in the same world. maintaining trust is the main thing between agents.

5. Agent is an art
The last thing he said was that agents are art.
passion to accompany the player’s career, help players in negotiations and solve other formal problems. so that players focus on their careers and are not burdened with problems of contract documents which will more or less reduce player concentration and player development.

Need Consultation

Please enter your name.
Please enter a subject.
Please enter a message.
Please check the captcha to verify you are not a robot.

Our Main Office

Ruko Bintaro X-change

Jl Tegal rotan raya no 48, Tangerang selatan, Indonesia.

                                                                 Follow us on:

Company Profile